Catatlah Selalu Siklus Menstruasimu!!

        Haloo.. Apa Kabar? Semoga selalu sehat dan luar biasa baik yaa. Amiiin. Sekarang aku lagi kuliah blok Reproduksi System nih. Tiap kali kuliah aku sama teman-temanku selalu saja dikagetkan oleh sebuah fakta yang benar-benar kita tidak tahu. Padahal itu sangat penting banget buat kita (kaum hawa) ketahui. Dan sudah seharusnya kita tau hal itu. Dan aku mau share informasi itu ke kamu. Yaa.. kayak yang di judul. Tentang pentingnya mencatat siklus menstruasi.
       Well, aku sebenarnya agak memaksa kamu (kaum hawa) yang sudah mengalami menstruasi untuk selalu mencatat siklus mens kamu. Why? Karena dengan begitu kamu akan tau kapan kamu subur dan tidak subur. Dan ini akan sangat penting sekali jika kamu nanti sudah menikah dan berencana untuk memiliki anak. Maka dari itu simak baik-baik penjelasan dariku yaa



Menstruasi adalah tanda kesuburan kamu
1 siklus menstruasi adalah kurang lebih 28 hari. Istilah yang selama ini kita kenal "Setiap bulan wanita akan mengalami 1x menstruasi" adalah istilah yang SALAH. Hal ini dikarenakan dalam 28 hari seorang wanita akan mengalami 1x menstruasi. Jika ada wanita yang mengalami menstruasi 2x dalam sebulan itu masih dianggap normal.
Bagaimana jika menstruasi 3x dalam sebulan?
Nah, kalau ini bisa berbahaya! Pasalnya dalam sebulan hanya ada 28/29 hari (Februari) dan 30/31 hari (rata-rata). Jika dalam 28 hari hanya datang mens 1x maka pada hari ke-29 kamu akan mens kembali. Akan tetapi kalo kamu mengalami mens 3x atau lebih dalam sebulan itu artinya TIDAK SESUAI SIKLUS DAN HARUS PERIKSA. Ada beberapa hal yang menyebabkan mens datang lebih dari 2x dalam sebulan salah satunya adalah KANKER RAHIM! Sangat mengerikan bukan. Makanyaa mencatat siklus mens itu sangat penting! apalagi buat kamu yang pelupa.
Bagaimana kalo telat mens? atau tidak mens sama sekali dalam sebulan?
Berarti waktu itu kamu tidak subur. Pasalnya setiap bulan ovarium (tempat pembuatan ovum) akan mengeluarkan 1 sel telur (ovum) yang menjadi menstruasi jika tidak dibuahi sperma. Rahim mempunyai 2 ovarium. Dan keduanya mengeluarkan ovum secara bergantian. Jika siklus mens saat ini ovarium kanan yang mengeluarkan ovum, maka untuk siklus berikutnya ovarium kiri yang mengeluarkan ovum. Nah, kalo kamu telat 1 siklus maka kamu harus menunggu siklus berikutnya. Jika tak kunjung mengalami mens tunggulah 1 siklus lagi. Jika pada siklus ke-4 kamu juga tidak mens maka kamu harus ke DOKTER atau BIDAN. Kemungkinan kamu akan diberi pil KB untuk menyuburkanmu kembali jika tidak terjadi sesuatu padamu. Akan tetapi, jika terjadi sesuatu seperti kelainan hormon, dll kamu akan diberi obat lainnya.

Nyeri karena menstruasi juga harus kamu perhatikan
Kalo kamu selalu merasakan nyeri pada hari 1-2 menstruasi itu normal. Mengapa kamu merasakan nyeri? Karena menstruasi adalah peluruhan dinding rahim yang dimana dinding tersebut mengelupas akibat tidak dibuahi. Meski begitu, kamu juga harus waspada! Walau bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan itu juga tidak bagus. Begitu halnya dengan nyeri haid. Jika kalian merasakan nyeri yang teramat sangat maka KAMU HARUS PERIKSA. Bisa jadi ada radang di sekitar uterus. Bisa jadi juga dinding rahim yang tidak pada tempatnya. Dan kemungkinan-kemungkinan lainnya. 
Selain mencatat hari dan tanggal menstruasimu, kamu juga harus mencatat nyerinya. Sakit saja atau sakit sekali sampai mau mati rasanya.

Menstruasimu penentu tanggal kelahiran bayi
Ketika wanita yang bau saja hamil pergi ke Bidan atau Rumah Sakit para petugas kesehatan dapat memastikan tanggal lahirnya bayi tersebut lewat tanggal haid. Jika kamu lupa tanggal terakhir kamu mens maka tanggal lahirnya bayi juga tidak dapat diprediksi. Maka dari itu catatlah tanggal menstruasimu agar kelak kamu dan pasangan bisa lebih mempersiapkan diri untuk kelahiran si buah hati :)

Kesimpulannya, menstruasi adalah tanda kesuburanmu juga sebagai penentu tanggal calon buah hati akan lahir. Jika dalam 3 siklus kamu tidak mens, KAMU HARUS PERIKSA. Dan jika kamu mens tidak sesuai siklus, KAMU JUGA HARUS PERIKSA. Ini adalah hal kecil untuk mencegah penyakt-penyakit yang dapat menyerang rahimmu.

Oleh karena itu, CATAT SEKARANG JUGA LADIES!   

0 Comments

Gimana menurut kalian? Tinggalkan komentar di bawah yaa...