Pentingnya Menemukan Jati Diri dan Mengikuti Passion Kamu

Assalamu’alaikum semuanyaa… Apa kabar??
Malam ini tugasku banyak sekali. Ada 2 tugas kelompok gadar dan mankep yang belum selesai, 1 bikin materi buat speech lomba diesnatalis, 1 tugas analisis BKRK lagi buat besok, dan belum mikirin judul skripsi padahal dosbing udah pada dibagi. STRESS!!!




Ketika aku berhenti buat bikin 1 tugas BKRK karena internetku dari hotspot HP dan HP ku lowbatt, jadi aku memutuskan untuk charge dulu. Dan entah kenapa aku kepikiran tentang kondisiku saat ini yang jadi mahasiswa keperawatan dan malah flashback pas aku dulu bener-bener nggak punya pandangan mau kuliah jurusan apa. Tapi waktu itu aku tau kok kalau kuliah itu sebaiknya kita mengambil jurusan yang kita punya passion disana dan bisa sebagai langkah untuk mencapai impian kita. Tapi waktu itu aku sama sekali belum menemukan jati diri. Mengingat hal itu aku akirnya memutuskan untuk curhat di blog karena aku pikir keresahanku ini bisa jadi inspirasi buat bikin skripsi. Mentang-mentang akunya juga  lagi ngurusin skripsi hehe


Jadi aku kasih tau tentang latar belakang aku dulu yaa..

Aku ini sekolah TK dan SD Islam di Banyuwangi. Aku emang asli orang Banyuwangi. Kemudian pas lulus SD aku jadi anak pesantren modern di Surabaya (MTS nya) dan Mojokerto (MA nya). Masih dalam satu yayasan juga kok aku sekolah SMP dan SMA nya itu. Ketika aku ada di pondok semuanya serba diisolasi kan ya.. Pulang jaraaang banget.. Nggak boleh keluar jalan-jalan juga meski hari Minggu. Belum lagi yang jarang dijenguk ortu karena pondokanku kan jauh. Belum lagi yang di Mojokerto, rutenya susah banget buat ditempuh dengan transportasi publik dan biaya transportnya itu juga besar. Pokoknya kayak penjara banget deh..

Nah, jeleknya anak pondokan itu akhirnya dia nggak tau sekejam apa dunia luar. Juga selain itu, mereka tidak terpapar dengan informasi tentang masa depan mereka. Dunia itu sebaik apa, Indonesia ini semaju apa. Yang penting belajaaaaarrr dan ngajiiiii aja. Makanya pas mau kuliah bingung banget mau ambil apa. Malah yang nyaranin guru sekolah. Dan karena di pondokan, kita nggak terpikir untuk mencari jati diri dan membaca karakter orang karena kita terlalu nyaman disana dan juga udah kayak keluarga aja. Jadi kita nggak pernah kepikiran untuk belajar membaca karakter orang. Kalau kita nggak pernah sadar dan butuh belajar untuk membaca karakter orang, maka kita pun juga nggak pernah sadar untuk membaca karakter diri kita sendiri kan..

Dan malam ini aku sadar bahwa sejak aku baru kuliah, tepatnya habis ospek, entah kenapa aku bisa ya jualan online? Waktu itu pun sepertinya aku nggak sadar sih kenapa aku harus bisnis online dan apa yang membuat aku jadi pebisnis online. dan anehnya lagi, di pondokan aku itu nggak pernah main internet. Cara main internet sih tau yaa karena waktu SD tau banget penampakan internet itu kayak apa. Sedangkan pas MTS dan MA itu aku belajarnya dari buku pelajaran looohh dan kayaknya juga nggak pernah praktek karena aku bener-bener nggak ingat kalau kita punya lab computer untuk belajar computer. Dan setelah dipikir-pikir kayaknya aku itu memang dari dulu kepengen jadi orang wirausaha. Kepingin jadi pebisnis. Dan setelah aku baca-baca diary aku yang dulu-dulu memang banyak sekali ide bisnis yang pernah aku pikirkan. Malam ini aku sangat menyadari beberapa tahun ini semenjak aku kuliah perawat adalah buang-buang waktu!! Bener-bener buang-buang waktu bangett!!

Kalau seandainya aku udah dari awal kuliah bisnis pasti aku sudah punya usaha tetap deh. Seenggaknya produk yang aku beli dari orang lain tapi usahaku sudah stabil memang. Dan nggak susah buat bikin skripsi kalii… Tapi meski begitu nggak ada ilmu yang sia-sia. Jadi aku akan menyelesaikan kuliah S1 perawatku ini meskipun semakin buang-buang waktu siiih… Cuman kan uang yang keluar udah terlalu banyak!!

Dan setelah aku belajar perawat, aku mendapat ilmu bahwa mencari jati diri itu sangat penting!! Dan harusnya kita sudah tau jati diri kita saat SMA, bukannya waktu udah kuliah. Karena memang menurut perkembangan usia remaja SMA seperti itu. Kalau ada 1 saja tugas perkembangan yang belum tercapai maka harus cepat dikejar kalau mau sukses sebagai individu. Dan aku harap kalian yang baca ini sudah mengetahui jati diri kalian, buat yang masih sekolah apalagi sudah SMA, kalian harus tau jati diri kalian!!! Biar waktu kalian nggak terbuang sia-sia nantinya. Hidup juga lebih teratur dan nggak gampang stress dan goyah kalau ada masalah yang datang.

Kalau kalian, menemukan jati diri kalian kapan? Setelah lulus SMA atau sebelum lulus SMA? Dan dampaknya buat kehidupan kalian gimana? Kalian menempuh cita-cita di jalan yang lurus atau di jalan yang berkelok-kelok atau malah di jalan yang nggak jelas? Yuk komen dibawah ^_^


Jangan lupa mampir ke online shop aku yahh ^^



0 Comments

Gimana menurut kalian? Tinggalkan komentar di bawah yaa...